Nama : Romario Sihaloho (1103617043)
Kelas : A 2017
Hal : Resume
Fasil : Kak Agung Septianedri

RANGKAIAN KEGIATAN PRA LTC HINGGA PASS LTC 2017

Pra Leader Training Camp (LTC) 2017
         Pra LTC (Leader Training Camp) dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 7 Oktober 2017 pada pukul 07.00 WIB hingga selesai bertempat di Aula Sidang Dksinapati Latief dengan lambang Garuda Paksa dan tema adalah “Generasi Revolusioner dan Pemberi Aksi Nyata”. Pra LTC adalah suatu rangkaian acara dalam menyambut LTC yang akan dilaksanakan di Bogor pada tanggal 20 – 22 Oktober 2017, dimana dijelaskan pembekalan-pembekalan untuk keperluan selama LTC berlangsung. Dibuka dengan kata sambutan oleh Kak Ilham dan Kak Pinkan. Pembicara adalah Pak Masduki.
         Pra LTC dimulai pada pukul 07.00 wib, dengan presensi terlebih dahulu mahasiswa MP 2017 kelas A,B dan C. Dilanjutkan dengan sholat Dhuha bagi yang muslim dan yang Kristen berdoa menurut agama masing-masing. Kemudian, MC (pembawa acara) memberikan kata sambutan, yaitu Kak Ilham dan juga Kak Pinkan. Pembacaan Qur’an oleh Odi Tofik Rahman anak MP 2017. Sebelum memasuki materi, Ketua HIMA MP (Himpunan Mahasiswa Manajemen Pendidikan), yaitu Kak Bilifano Hasby Ardan memberikan kata sambutan dan juga Kak Fachrul selaku Ketua Pelaksana LTC tahun 2017. Setelah itu berlanjut kepada kata sambutan oleh Koordinator Prodi Manajemen Pendidikan, yaitu Bapak Dr. Supadi. Lalu, penyampaian bagian advokasi, yaitu kebudayaan dalam keadilan. Advokasi ada yang legal, yaitu memang secara sah diakui keadvokasiannya. Sistematis, tersistem dan terencana tujuannya. Terorganisir, sudah ada aturan yang pasti. Kontinue, artinya selalu berlanjut. Mempengaruhi, bias memotivasi. Jenis-jenis advokasi ada litigasi,non-litigasi, dan ekstra litigasi. Mengapa perlu advokasi ? Advokasi perlu karena adanya ketidakadilan, orang-orang pelanggar HAM, KKN. Orientasi ada tiga, verbal,media dan surat.
        Selanjutnya, masuk ke dalam pembahasan materi oleh Bapak Dr. Masduki adalah tentang kepemimpinan dan manajemen organisasi. Peradaban saat ini disebut VUCA. Kepemimpinan penentu berhasil tidaknyapencapaian organisasi, mampu mengambil keputusan dengan jangka panjang. Setelah selesai penyampaian materi, sekitar pukul 12.00 WIB, istirahat,beribadah. Setelah itu, dilanjutkan dengan permainan “ Games Serigala “.Beberapa saat kemudian, ada sambutan dari ketua BEM yang telah dahulu menyelesaikan studinya di Prodi MP, dimulai aa tahun 2008 hingga sekarang. Mereka menyampaikan banyak hal yang memotivasi, membangkitkan semangat para mahasiswa MP. Selanjutnya ada pembekalan-pembekalan yang perlu dipersiapkan dan juga tugas-tugas yang harus diselesaikan. Terakhir, ditutup oleh Kak Ilham dan Kak Pinkan. Setelah itu, sekitar Pukul 16.30 pulang kerumah masing-masing.

Pass Leader Training Camp (LTC) 2017, 20-22 Oktober 2017
          Jumat, 20 Oktober 2017 pada Pukul 12.00 WIB mahasiswa MP peserta LTC berkumpul di depan Ruangan Prodi Manajemen Pendidikan sambil mengumpulkan perlengkapan. Menunggu perlengkapan, perdana yel-yel kelompok. Sekitar pukul 13.00 WIB menuju transportasi perjalanan. Sekitar Pukul    15.00 WIB, transportasi berangkat menuju lokasi LTC. Tiba di lokasi , Rumah Abah Megamendung , Jawa Barat sekitar pukul 19.00    WIB. Kemudian beribadah, sholat bagi yang muslim dan bersaat teduh bagi Kristiani. Setelah selesai ibadah, dibariskan menurut kelompok masing-masing. Tim disiplin dan keamanan (TDK) menginstruksikan agar barang-barang yang tidak berhubungan selama LTC dikumpulkan kepada tim TDK. Kemudian, peserta LTC mengabarkan kepada orangtua bahwa sudah tiba di lokasi dan untuk tiga hari kedepan handphone akan di silent. Dan memeriksa kelengkapan anggota masing-masing kelompok, TDK bertanya siapa saja yang tidak hadir ,berapa banyak, dan juga yang hadir.
        Setelah selesai pemeriksaan, menuju tempat istirahatbaik pria maupun wanita, menaruh barang bawaan. Selanjutnya, kembali ke aula LTC dilanjutkan dengan makan malam, sebelum makan derdoa dahulu. Setelah selesai makan malam, maka masuk ke materi yang pertama dengan moderator Kak Farhan dan pembicara Kak Nuwrille dengan judul materinya adalah Mendadak Sukses Gara-Gara Public Speaking. Kak Nuwrille menjelaskan banyak banyak materi untuk menjadi public speaker. “Public speaking is like filling the water to the bottle”, tips-tips sukses, KSA, 4P, Detik-detik sebelum tampil, penampilan, effective public speaking. “It’s all starts from you”. Kemudian, dilanjutkan dengan simulasi public speaking bersama kelompok yang dinilai kakak fasil masing-masing. Berbicara di depan kelompok dan kakak fasil.
          Sabtu, 21 Oktober 2017, sekitar pukul 01.00 WIB dibangunkan untuk berkumpul di lapangan dan berbaris. Disini adalah pagi ynag berkesan, dimana kepemimpinan , mental kita diuji, barang-barang yang tersembunyi dalam tas masing-masing dicek dan dikumpulkan oleh tim TDK yang dianggap tidak ada hubungannya dengan kegiatan LTC. Juga ada pelanggaran-pelanggaran terhadap kakak panitia oleh peserta LTC. Selesai memberi masukan, saran, kritik, dan komentar, barisan dibubarkan dan beribadah dulu. Setelah beribadah, mata peserta ditutup dengan slayer menuju sebuah kehangatan pagi yang luar biasa. Dituntun dengan penglihatan tertutup untuk mengelilingi api unggun, kebersamaan MP. Kakak-kakak mengamanatkan bahwa mahasiswa sebagai penggerak bangsa. Kemudian, ditunjuk beberapa mahasiswa untuk mengungkapkan keresahan tentang pendidikan. Setelah selesai merasakan hangatnya pagi, kembali ke kamar masing-masing. Pukul 04.20 kembali beribadah . Setelah melaksanakan ibadah, sekitar pukul 05.45 pemanasan, olahraga, lari pagi sebentar. Kemudian berkumpul beribadah. Pada pukul 06.45 sarapan dengan kelompok masing-masing.
        Setelah sarapan, memasuki materi debat yang telah dipelajari sejak Pra LTC yaitu tentang isu pembubaran KPK oleh tim PANSUS. Selama debat berperan sebagai pro dan kontra tentang pembubaran KPK oleh tim Pansus baik sebagai masyarakat, pemerintah, mahasiswa. Debat dilakukan antar kelompokyang telah dipilih dan dibimbing kakak fasil keduabelah pihak kelompok dan debat dilakukan pukul 08.00 WIB. Setelah rangkaian debat, dilanjutkan materi 2, yaitu Pergerakan Mahasiswa dengan moderator Kak Agung dan pembicara Kak Ahmad Firdaus, menjelaskan tentang demo. Pergerkan mahasiswa dari tahun ke tahun yang membuat banyak perubahan dalam pendidikan dan pemerintahan. Menjelaskan komponen-komponen dalam aksi demo. Kemudian, membentuk perangkat untuk demo untuk simulasi. Simulasi dilakukan dengan pemisalan tuntutan kepada rector dengan tiga tuntutan yaitu, turunkan UKT, benahi parkiran, perbaharui gedung FIP. Praktek langsung dengan adanya kericuhan, bermain kotor-kotoran. Setelah selesai simulasi, bersih-bersih dan kembali ke aula.
         Dilanjutkan dengan materi 3 yang dibawakan oleh Kak Endra Pratama dengan judul materi Negosiasi. Yaitu proses untuk menghasilkan kesepakatan, lalu bagaimana langkah-langkah bernegosiasi. Kemudian membentuk 4 kelompok untuk mengadakan simulasi bernegosiasi dengan judul permainan negosiasi adalah “Perebutan Domba Langka”. Setelah selesai simulasi, pukul 13.00 WIB makan siang bersama kelompok masing-masing. Setelah makan siang dilanjutkan dengan materi 4, yaitu Mekanisme Pemilu yang dimoderatori Kak Pinggan Pratiwi dan yang membawakan materi adalah Kak Fahmi Awibowo. Menjelaskan tentang tata cara pileg (pemilihan legislative), pileks (pemilihan eksekutif). Pemilu UNJ, sarana suksesi OPMAWA UNJ, struktur KPU dan banyak lagi. Setelah penyampaian materi dibentuk yang ingin mencalonkan diri sebagai ketua BEM, KPU (5), Panwaslu (5), calon kandidat (2-3), Tim sukses (2-3) sebagai bahan simulasi tentang Mekanisme Pemilu di UNJ. Setelah selesai mekanisme pemilu, dilanjutkan dengan presentasi masing-masing program kerja kelompok yang telah dipersiapkan sejak Pra LTC. Setelah itu, beribadah, dan usai beribadah makan malam.
          Setelah makan malam, dilanjutkan materi yang ke-5 tentang Mekanisme Persidangan dimana dijelaskan tentang rapat-rapat persidangan oleh setiap organisasi meknisme-mekanismenya. Apa saja yang dilarang selama sidang eksekutif maupun legislative. Kemudian dilanjutkan dengan simulasi Mekanisme Persidangan dengan memusyawarahkan syarat-syarat menjadi ketua BEM. Setelah selesai materi dan simulasi, istirahat .

        Minggu, 22 Oktober 2017, Pukul 04.30 WIB, sholat dan beribadah. Setelah selesai beribadah, ganti baju untuk siap bermain kotor. Kemudian dilanjutkan dengan pemanasan, olahraga dan senam pagi dengan mendengarkan music dan membuat gerakan kreativitas dalam senam. Setelah senam, berkumpul masing-masing kelompok untuk Forum Aktivis yang dipimpin oleh tokoh aktivis di UNJ. Setelah selesai mendengarkan forum aktivis dilanjutkan games, ada lima games, yaitu menghembus bola ping pong diatas aqua gelas yang berisikan air dari aqua 1 sampai aqua 5, merangkak dan lempar bola ke belakang, lempar balon berisi air, memasukkan sarung ke badan, dan nyanyian lalat. Kumpul, kesan dari games. Setelah selesai acara games, disuruh baris baik peserta LTC maupun panitia, untuk pembinaan dari kakak-kakak alumni MP. Setelah pembinan, mandi ke kolam renang sambil menyanyikan Mars MP dengan kekompakkan bersama keluarga MP, indahnya kebersamaan. Setelah itu, bersih-bersih, ganti baju untuk persiapan langsung pulang. Menuju ke aula, untuk persembahan Inagurasi dari peserta LTC 2017. Setelah inagurasi, acara kenalan oleh kakak-kakak alumni Manajemen Pendidikan, mereka mensahkan bahwa kami adalah bagian keluarga MP. Setelah usai sambut pisah dengan kakak-kakak alumni, makan siang. Dan kemudian pengenalan MP EXPO oleh kakak-kakak panitia mengajak untuk menjadi panitia MP EXPO 2017. Setelah itu, pengembalian barang-barang. Setelah pengembalian barang, mengambil barang bawaan ke kamar untuk persiapan pulang, foto-foto bersama kakak panitia,kakak fasil masing-masing dan terakhir menuju transportasi untuk pulang menuju UNJ.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beberapa Masalah Pendidikan